Saturday, March 2, 2019



SUMOQQ - Kentang goreng punya banyak varian di berbagai negara. Tak sekadar digoreng, ada pelengkap khas yang bikin kentang goreng makin enak.


Kentang goreng adalah olahan umbi goreng populer di dunia. Bukan hanya French fries, ternyata ada banyak varian kentang goreng dari Spanyol, Kanada, sampai Vietnam. World Travel Guide (26/2) merangkum infonya seperti berikut.


1. Poutine


Kanada terkenal dengan kentang goreng enak bernama poutine. Kabarnya poutine berasal dari wilayah Quebec, sudah ada sejak tahun 1950-an. Secara harfiah poutine berarti kentang goreng dengan keju plus saus.

Bahan utama sajian ini memang kentang goreng, keju, dan saus. Potongan kentang gorengnya tak terlalu tebal lalu digoreng hingga kering. Untuk sausnya, pertama kali diracik oleh penemu poutine yaitu Warwick Quebec. Warnanya cokelat, kental, dengan rasa gurih sedikit asam. Sementara kejunya harus jenis keju segar seperti cheddar putih dan keju feta. Bisa juga ditambahkan bahan lain seperti bacon, daging asap, atau sosis.



2. Patatas bravas


Dari Spanyol ada patatas bravas yang wajib dicoba. Kentang dipotong kotak-kotak mungil lalu digoreng garing. Pelengkapnya saus yang racikannya berbeda di tiap wilayah Spanyol.

Di Burgos, saus patatas bravas biasanya berbahan utama tomat dengan tambahan rempah. Di Valencia atau Catalonia, saus diracik dari minyak zaitun, bawang putih, paprika merah, dan cuka. Kalau ke Madrid, wajib coba patatas bravas di restoran legendaris Las Bravas yang sudah mematenkan racikan sausnya di tahun 1960.


3. Salchipapas


Paduan kentang goreng dan sosis tak pernah gagal manjakan selera. Kreasi ini bisa ditemui di Peru dengan nama salchipapas. Kentang gorengnya berupa irisan tipis, disajikan dengan sosis sapi goreng dan saus salsa atau coleslaw sebagai pendamping.

Ada juga pilihan saus lain seperti saus tomat, mayonnaise, saus zaitun (crema de aceituna), dan saus cabe (aji). Meski asalnya dari kota Lima, salchipapas jadi jajanan klasik dan populer di Amerika latin.


4. Patatje oorlog


Siapa sangka di Belanda ada olahan kentang goreng dengan sentuhan bumbu Indonesia. Pattaje oorlog memadukan renyah gurihnya kentang dengan saus kacang yang biasa dipakai untuk sate di Indonesia.

Patatje oorlog atau war chips bahkan jadi jajanan populer di Belanda. Biasanya disajikan dalam balutan kertas mirip cone. Oh ya, selain saus kacang, kentang goreng versi Belanda ini juga ditambahkan bawang mentah dan mayonnaise untuk memberi sentuhan creamy.



5. Curry chips


Jalan-jalan ke Inggris dan Irlandia, penggemar kentang goreng wajib cicip curry chips. Menu ini sangat disukai masyarakat di sana karena menggunakan kari yang kental dan gurih.

Biasanya potongan kentang goreng curry chips berukuran tebal dan besar. Untuk penyajiannya, kentang goreng disiram saus kari di seluruh permukaannya. Bisa juga ditambahkan fillet ikan goreng tepung.


6. Slap chips


Afrika Selatan mengenal slap chips, olahan kentang goreng sederhana dengan bumbu utama cuka. Untuk membuatnya, kentang goreng dipotong tebal-tebal lalu direndam larutan cuka.

Selanjutnya kentang goreng ini digoreng dua kali. Proses penggorengan memastikan kentang goreng nantinya renyah di luar namun tetap lembut dan empuk di dalam.



7. Khoai tây chiên


Kentang goreng versi Vietnam juga tak kalah unik. Bernama Khoai tây chiên kentang goreng ini berbeda karena rasanya bukan gurih tapi manis.

Kentang goreng akan dicelupkan di mentega lalu dibaluri gula putih. Karena rasanya yang renyah manis, Khoai tây chiên kerap jadi pilihan camilan pelengkap kopi Vietnam.















Loginsite : kampungsumo.net

WA : +6281361936851
BBM : D8ACD825 
LINE : asiasumo














0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.
WebsiteMin DepoDAFTAR
PianoPokerRp.20,000,-DAFTAR
PianoQQRp.20,000,-DAFTAR
ZoyaQQRp.20,000,-DAFTAR
DewaKiuKiuRp.15,000,-DAFTAR
LaskarQQRp.20,000,-DAFTAR
HobiQQRp.20,000,-DAFTAR
VipBandarQRp.20,000,-DAFTAR
SumoQQRp.15,000,-DAFTAR
JuraganQQRp.20,000,-DAFTAR
Summo99Rp.15,000,-DAFTAR

Popular Posts